11 HARI MENUJU RAMADHAN 1443 H / 2022 M

 


Huwal Awwalu Wal Akhiru

Huwal awwalu wal akhiru merupakan penggalan dari surat Al-Hadid ayat ketiga. Lebih lengkapnya adalah, "Huwal-awwalu wa-aakhiru waz-zaahiru wal-baatin, wa huwa bikulli syai`in 'aliim". Sedikit penjelasan tentang surat Al-Hadid, surat Al-Hadid adalah surat ke-57 dalam Al-Qur'an dan terdiri dari 29 ayat, tepatnya pada Juz 27. Surat Al-Hadid sendiri termasuk dalam golongan surat Madaniyah atau surat yang diturunkan di Madinah setelah peristiwa hijrah.

 

Dinamakan Al-Hadid karena diambil dari ayat ke 25 surat ini, yaitu Hadid yang mempunyai arti "Besi". Surat Al-Hadid termasuk surat Musabbihat yang diawali dengan tasbih dan munajat kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala. Surat Al-Hadid ini dimulai dengan tasbih dan taqdis illahi. Demikian juga menyinggung tentang penciptaan langit-langit dan bumi selama enam hari. Pada bagian lain surat ini berisi tentang motivasi kepada masyarakat untuk memberikan pinjaman (Qard al-hasanah) dan berinfak. Di samping itu, menafikan rahbaniyah dan menyinggung tentang karunia dan pemberian Illahi yang tidak terbatas.

Huwal awwalu wal akhiru artinya "Dialah Yang Awal dan Yang Akhir. Yang dimaksud dengan Al Awal ialah, yang tidak ada sesuatu pun sebelum-Nya, Al Akhir ialah yang tidak ada sesuatu pun setelah-Nya. Maksud Azh Zhahir ialah, yang tidak ada sesuatu pun di atas-Nya, dan Al Bathin ialah yang tidak ada sesuatu pun di bawah-Nya. Dengan demikian, nama-Nya Azh Zhaahir menunjukkan tingginya Dia di atas semua makhluk-Nya, sedangkan nama-Nya Al Baathin menunjukkan bahwa ilmu-Nya meliputi segala sesuatu dan bahwa tidak ada sesuatu pun yang menghalangi-Nya, pendengaran-Nya mengena kepada semua suara dan penglihatan-Nya menembus semua makhluk-Nya (Lihat Anwaarul Hilaalain fit Ta’aqqubaat ‘alal Jalaalain oleh Dr. Abdurrahman Al Khumais). Ilmu-Nya meliputi segala yang tampak maupun yang tersembunyi, yang samar maupun yang tertutup, perkara yang dahulu maupun yang akan datang.

Huwal Awwalu Wal Akhiru Arab dan Artinya

Huwal awwalu wal akhiru merupakan penggalan dari surat Al-Hadid ayat ketiga. Berikut ini adalah surat Al-Hadid ayat 3 arab dan artinya

هُوَ ٱلْأَوَّلُ وَٱلْءَاخِرُ وَٱلظَّٰهِرُ وَٱلْبَاطِنُ ۖ وَهُوَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ

Latin : Huwal-awwalu wa-aakhiru waz-zaahiru wal-baatin, wa huwa bikulli syai`in 'aliim (QS. Al-Hadid:3)

Artinya :

Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin; Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. Al-Hadid:3)

Tafsir Al-Hadid Ayat 3 Menurut Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia

3. Dia-lah Yang Maha Awal yang sebelum-Nya tidak ada sesuatu, Mah Akhir yang sesudah-Nya tidak ada sesuatu, Maha Zhahir yang di atas-Nya tidak ada sesuatu, Maha Batin yang tidak ada sesuatu pun yang lebih tidak terjangkau dari-Nya. Tidak ada sesuatu pun di bumi dan di langit yang samar bagi Allah. Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.

Sumber : Tafsirweb

Itulah penjelasan tentang huwal awwalu wal akhiru yang ternyata merupakan penggalan dari surat Al-Hadid ayat 3. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama