16 HARI LAGI MENUJU RAMADHAN 1443 H / 2022 M

 


Arti laa yukallifullahu nafsan illa wus'aha arab


Laa Yukallifullahu Nafsan Illa Wus'aha

Semua manusia pasti dihadapkan dengan masalah atau cobaan yang datang. Tiada satupun manusia yang lahir di dunia ini tanpa dihadapkan dengan cobaan atau permasalahan. 

"Allah sedang menguji kita", begitulah sebabnya kita dihadapkan dengan cobaan. Apakah kita mampu melalui itu semua dengan sabar. Kunci dari kesabaran adalah menahan lisan dengan keluhan. 

Allah tidak memerintahkan hamba-hamba-Nya dengan hal-hal yang berat, namun Dia memerintahkan sesuai dengan kemampuan. Barang siapa yang memulai kebaikan, akan mendapatkan kebaikan dan barang siapa yang memulai keburukan, akan mendapatkan keburukan.

Pengertian Sabar Secara Singkat

Sabar berasal dari bahasa arab yaitu, sobaro dan yasbiru, yang artinya menahan. Sedangkat menurut istilah, sabar merupakan sifat menahan diri dari segala bentuk kesulitan, kesedihan atau menahan diri dari permasalahan yang datang.

Arti Laa Yukallifullahu Nafsan Illa Wus'aha

Laa yukallifullahu nafsan illa wus'sha tulisan arab beserta artinya merupakan potongan ayat dari surat Al-baqarah ayat 286 sebagai berikut,

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

Latin : La yukallifullahu nafsan illa wus'aha

Artinya :
 Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.(QS. Al-Baqarah:286)

Sedangkan Surat Al-Baqarah ayat 286 secara lengkap adalah sebagai berikut,

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Latin : La yukallifullahu nafsan illa wus'aha, laha ma kasabat wa 'alaiha maktasabat, rabbama la tu`akhizna in nasina au akhta`na, rabbana wa la tahmil 'alaina israng kama hamaltahu 'alallazina ming qablina, rabbana wa la tuhammilna ma la taqata lana bih, wa'fu 'anna, waghfir lana, war-hamna, anta maulana fansurna 'alal-qaumil-kafirin

Artinya :
 Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatannya) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya tuhn kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.(QS. Al-Baqarah:286)

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 286

Tafsir Al-Muyassar (Kementrian Agama Saudi Arabia) sebagai berikut,

Allah tidak memerintahkan hamba-hamba-Nya dengan hal-hal yang berat, diluar kemampuan manusia. Namun Dia memerintahkan sesuai dengn kemampuan. Barangsiapa yang melakukan kebaikan akan mendapat kebaikan, dan barangsiapa yang melakukan keburukan akan mendapat keburukan. Allah mengajarkan hamba-hamba-Nya doa:"Hai pencipta kami, janganlah Engkau menyiksa kami akibat sifat lupa dan tersalah kami, janganlah Engkau membebankan kepada kami urusan yang berat yang telah Engkau bebankan kepada orang-orang bebal sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau membebankan apa yang tidak mampu kami lakukan. Maafkanlah kami dan ampuni dosa-dosa kami serta rahmati kami dengan rahmat-Mu yang Maha Luas. Engkaulah pengatur urusan kami, maka tolonglah kami dalam menghadapi orang-orang yang mengingkari-Mu.(QS. Al-Baqarah:286). Referensi : https://tafsirweb.com/1052-quran-surat-al-baqarah-ayat-286.html

Dari sini bisa disimpulkan bahwa laa yukallifullahu nafsan illa wus'aha artinya Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya atau kesanggupannya. Itulah yang bisa saya jelaskan tentang arti la yukallifullahu nafsan illa wus'aha. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama