5 HARI MENUJU RAMADHAN 1443 H/ 2022 M

 


Wala Tamutunna Illa Wa Antum Muslimun

Wala tamutunna illa wa antum muslimun merupakan penggalan dari surat Ali Imran ayat 102. Lebih lengkapnya adalah, "Yaa ayyuhallażiina aamanuttaqullaaha haqqa tuqaatihi wa laa tamutunna illaa wa antum muslimun". Sedikit penjelasan tentang surat Ali 'Imran, surat Ali 'Imran merupakan surat Madaniyah (ayat-ayat Al-Qur'an yang diturunkan kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam di kota Madinah setelah peristiwa hijrah). Surat Ali 'Imran terdiri dari 200 ayat pada Juz 3 (ayat 1-91) dan Juz 4 (ayat 92-200).

Dinamakan Ali 'Imran karena memuat kisah keluarga Imran yang di dalam kisah itu disebutkan kelahiran Nabi Isa, persamaan kejadiannya dengan Nabi Adam, kenabian dan beberapa mukjizatnya, serta disebutkan pula kelahiran Maryam binti Imran. Surat Al-Baqarah dan surat Ali 'Imran ini dinamakan Az-Zahrawan (Dua Yang Cemerlang), karena kedua surat ini menyingkap hal-hal yang menurut Al-Qur'an disembunyikan oleh para Ahli Kitab, seperti kejadian kelahiran Nabi Isa dan kedatangan Nabi Muhammad. Pada ayat 7 terdapat keterangan tentang "Pedoman Cara Memahami isi Al-Kitab."

Wala tamutunna illa wa antum muslimun artinya "dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam." Sedangkan surat Ali Imran ayat 105 membahas supaya kamu memperoleh keimanan yang kuat dan tidak goyah ketika terjadi cobaan, maka wahai orang-orang yang beriman! bertakwalah kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala sebenar-benar takwa kepada-Nya sesuai kebesaran, keagungan, dan kasih sayang-Nya kepada kamu. Bukti ketakwaan tersebut adalah menaati Allah Subhaanahu wa Ta'aala dan tidak sekali pun durhaka, mengingat-Nya dan tidak sesaat pun melupakan-Nya, serta mensyukuri nikmat-Nya tanpa sekali pun dan sekecil apa pun mengingkarinya sampai batas akhir kemampuan kamu, dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim, berserah diri kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala dengan tetap memeluk agama yang diridhai, yaitu Islam.

Karena tidak seorang pun mengetahui kapan datangnya kematian, maka berusahalah sekuat tenaga untuk selalu berada di jalan Allah Subhaanahu wa Ta'aala, karena Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan menganugerahi hamba sesuai usaha yang dilakukannya. Pada ayat ini Allah Subhaanahu wa Ta'aala memerintahkan kaum mukmin menjaga persatuan dan kesatuan. Dan berpegang teguhlah serta berusahalah sekuat tenaga agar kamu semuanya bantu-membantu untuk menyatu pada tali (agama) Allah Subhaanahu wa Ta'aala agar kamu tidak tergelincir dari agama tersebut. Dan janganlah kamu bercerai-berai, saling bermusuhan dan mendengki, karena semua itu akan menjadikan kamu lemah dan mudah dihancurkan.

Wala Tamutunna Illa Wa Antum Muslimun Arab dan Artinya

Wala tamutunna illa wa antum muslimun merupakan penggalan dari surat Ali Imran ayat 102. Berikut ini adalah surat Ali Imran ayat 102 arab dan artinya

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

Latin : Yaa ayyuhallażiina aamanuttaqullaaha haqqa tuqaatihi wa laa tamutunna illaa wa antum muslimun (QS. Ali Imran:105)

Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. (QS. Ali Imran:105)

Tafsir Surat Ali Imran Ayat 105 Menurut Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia

105. Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan melaksanakan syariat-Nya, takutlah kalian kepada Allah dengan sebenar-benarnya, yaitu dengan cara menaati-Nya dan tidak bermaksiat kepada-Nya, mesyukuri-Nya dan tidak mengingkari nikmat-Nya, serta mengingat-ingat-Nya dan tidak melupakan-Nya. Dan teruslah kalian berpegang teguh dengan keislaman kalian hingga akhir hayat kalian, supaya kalian menjumpai Allah, sedang kalian dalam keadaan tersebut.

Itulah penjelasan mengenai Wala tamutunna illa wa antum muslimun yang ternyata merupakan penggalan dari surat Ali Imran ayat 105. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama